Thursday, March 1, 2007

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI


Anak-anak adalah generasi yang akan menentukan nasib bangsa di kemudian hari. Karakter anak-anak yang terbentuk sejak sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa di kemudian hari. Karakter anak-anak akan terbentuk dengan baik, jika dalam proses tumbuh kembang mereka mendapatkan cukup ruang untuk mengekspresikan diri secara leluasa.

Demikian antara lain inti perbincangan dalam seminar sehari Pendidikan Karakter Anak dan Masa Depan Bangsa, yang berlangsung di Penerbit-Percetakan Kanisius, Yogyakarta, Sabtu (6/8) lalu. Tampil sebagai narasumber seminar, Indria Laksmi Gamayanti (psikolog tumbuh kembang anak RS Sardjito, Yogyakarta), Sri Wahyaningsih (aktivis pendidikan alternatif Sanggar Anak Alam), Sri Mirmaningtyas (aktivis sosial gerakan perempuan), serta Forum PAUD DIY dan Dinas Pendidikan Nasional Propinsi DIY.

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam Edutainment Adventure yang diselenggarakan Penerbit - Percetakan Kanisius selama dua hari, 6 dan 7 Agustus lalu. Acara yang melibatkan ribuan anak dari Kelompok Bermain, TK, dan SD ini mengambil tema "I Can Do It By My Self." Dengan tema ini, anak-anak diyakinkan bahwa mereka bisa dipercaya mengerjakan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Selain seminar, aneka workshop untuk anak-anak juga digelar, antara lain workshop membuat buku, fotografi, serta workshop keramik.

disadur dari : sini
***

No comments: