Monday, February 26, 2007

TIPS

Sample ImageTips Hadapi gempa

Musibah gempa bumi yang melanda Aceh dan Yogyakarta beberapa waktu lalu memang sangat menyedihkan dan meyeramkan. Makanya, kita harus waspada terhadap bencana alam gempa bumi ini. Karena Indonesia bisa dibilang negara yang rawan akan terjadinya gempa bumi. Nah, supaya kamu tidak panik, SISWA akan kasih tahu beberapa informasi tentang gempa bumi serta cara menghadapinya.


Gempa bumi itu…
Getaran yang terjadi di permukaan bumi.

Penyebab terjadinya gempa bumi
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Selain itu, gempa juga bisa disebabkan oleh pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi.

Sebelum gempa terjadi sebaiknya…
Kenali lingkungan tempat tinggalmu. Apakah kamu tinggal di daerah yang memang sangat rawan terhadap gempa atau tidak. Lalu pastikan perabotan rumah tangga yang berukuran besar seperti lemari menempel dengan baik pada dinding. Hal itu dilakukan agar disaat gempa terjadi, barang-barang berat seperti itu tidak mudah roboh dan menimpamu. Kamu juga harus memisahkan barang yang mudah terbakar dan pecah. Jangan sekali-kali meletakkan barang yang mudah terbakar di tempat yang mudah pecah. Sebaiknya kamu juga harus selalu menyediakan kotak P3K, senter, radio dan air.

Ketika gempa bumi itu terjadi
Panik itu wajar, tapi kamu harus berusaha untuk tetap tenang saat berhadapan dengan situasi seperti itu. Coba kamu baca beberapa petunjuk dibawah ini, agar kamu bisa lebih tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi.

Jika kamu sedang berada di dalam rumah
• Jika tidak memungkinkan untuk lari keluar rumah, lebih baik kamu berlindung di bawah meja ataupun tempat tidur.
• Lindungi kepalamu dengan bantal.
• Jauhi lemari, rak buku, jendela kaca dan wilayah dapur.
• Matikan seluruh alat elektronik

Jika kamu sedang berada di luar rumah
• Hindari berada dibawah bangunan tinggi, tembok, tiang listrik, papan reklame dan pohon tinggi.
• Usahakan untuk berada di tanah kosong
• Perhatikan tempat kamu berpijak, hindari apabila terjadi keretakan di tanah.

Jika kamu sedang mengendarai kendaraan ataupun berada di dalamnya
• Jangan sekali-kali langsung menginjak rem. Kurangi saja kecepatan secara bertahap dan hentikan kendaraanmu di bahu jalan. Kamu tidak boleh berhenti di pompa bensin ataupun di jembatan.
• Segera keluar dari dalam kendaraan dan cari daerah yang terbuka.

Setelah gempa bumi
Jika kamu berada didalam rumah ataupun bangunan, segera keluar begitu gempa reda. Dan jangan menggunakan lift dan escalator, gunakan saja tangga biasa. Setelah itu lihat keadaan disekitarmu. Siapa tahu saja ada yang terluka dan butuh pertolongan secepatnya. Disinilah kegunaan sebuah P3K. Setelah itu periksa juga lingkunganmu. Apakah telah terjadi kebakaran atau kebocoran gas? Setelah itu nyalakan radio untuk mendengarkan informasi selanjutnya. Dan yang paling penting, jangan masuk kembali ke dalam rumah, karena mungkin saja terjadi gempa susulan. Kamu sebaiknya segera mencari informasi di mana tempat evakuasi. Jadi kamu bisa merasa lebih aman dan bisa segera mendapatkan perlindungan.

No comments: