Monday, February 26, 2007

TIPS

Sample Image

Jadi orang yang lebih baik

“Saya nyaman dengan keadaan diri sendiri! Jadi orang lain harus bisa menerima saya apa adanya.” Bagaimana pendapat kamu dengan pernyataan diatas? Benar atau salah?

Bagaimana pendapat kamu dengan pernyataan diatas? Benar atau salah? Hmmm... sebenarnya sih, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Kenapa? Karena kita memang harus merasa nyaman dengan diri sendiri. Hal itu menunjukkan kalau kita adalah orang yang punya rasa percaya diri. Tapi rasa nyaman yang kita rasakan itu belum tentu dirasakan oleh orang lain, sehingga kita tidak bisa meminta mereka untuk menerima diri kita apa adanya. Kamu harus ingat, beda kepala beda isinya. Jadi jangan terlena dengan rasa nyaman itu sampai lupa membenahi diri sendiri.

Memang sih, memperbaiki diri bukan hal yang mudah. Tapi juga bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Coba saja kamu ingat bagaimana masa kecilmu? Pasti ada banyak hal yang berubah dari dalam dirimu, kan? Hal ini bisa jadi bukti bahwa memperbaiki diri itu bukanlah suatu hal yang sangat sulit dilakukan.

Mau memperbaiki diri tapi bingung caranya? Coba ikuti saja beberapa tips di bawah ini.

1. Rajin-rajin introspeksi
Cobalah introspeksi dan jujur pada dirimu sendiri. Dari sana kamu bisa menyadari bahwa ada sifat maupun kebiasaanmu yang perlu dibenahi, sehingga timbul niat untuk merubahnya. Melalui introspeksi kamu juga tahu bagian mana dari dirimu yang harus segera diperbaiki sehingga tidak menjadi bumerang di kemudian hari.

2. Belajar dari orang lain
Salah satu cara mudah untuk memperbaiki diri adalah dengan mempelajari hal-hal positif dari orang lain. Misalnya, kamu orangnya pemalu dan kurang mudah bergaul, sedangkan kakakmu tipe orang yang supel dan cepat akrab dengan orang lain. Coba deh, kamu pelajari bagaimana sikap kakakmu itu saat bertemu dengan teman ataupun orang yang baru dikenalnya. Lewat pengamatan itu, kamu bisa mempelajari bagaimana berinteraksi yang baik dengan orang lain, sehingga secara perlahan kamu bisa menghilangkan sifat pemalumu itu. TAPI INGAT, BELAJAR BUKAN BERARTI MENIRU ORANG LAIN, YA!

3. Disiplin
Yang namanya niat baik itu selalu saja ada cobaannya. Jadi kamu harus bertekad kuat dan berdisiplin tinggi. Supaya bisa punya disiplin yang tinggi kamu harus memiliki target agar kamu tidak mudah tergoda untuk menyerah pada keadaan. Contohnya saja, kamu ingin menaikkan nilai Matematika-mu di rapor dan bila kamu belajar jauh-jauh hari sebelum ujian, pasti kamu akan mendapatkan nilai yang baik. Namun setiap kamu berniat meluangkan waktu untuk belajar, teman-teman kamu selalu mengajak kamu pergi bermain atau jalan-jalan. Disinilah disiplin diri untuk mencapai target itu sangat dibutuhkan. Dengan begitu kamu bisa menahan semua godaan yang datang dan memilih mana yang paling baik untuk kamu lakukan.

Intinya: Niat untuk merubah diri itu harus datang dari hatimu sendiri. Dan niat baik saja belum cukup, karena kamu juga harus melakukan berbagai tindakan supaya keinginanmu itu bisa terwujud. Selamat mencoba!
Aneka situs untuk pelajaranmu

Ada banyak jalan menuju Roma. Begitulah kata-kata pepatah yang mengisyaratkan kita untuk bisa bersikap kreatif saat menemui masalah. Nah, kalau kamu ada segudang pertanyaan tentang pelajaran yang ingin kamu ketahui tapi tidak tahu mau bertanya pada siapa, coba saja cek beberapa situs berikut ini. Selain bisa membantumu belajar, pengetahuanmu juga makin bertambah.


All about Chemistry!

www.chem-is-try.org. Situs tersebut bisa membantumu untuk memecahkan kesulitan dalam mengikuti pelajaran kimia. Karena di sini ada rubrik belajar online, yang bisa membantumu untuk mendalami ilmu kimia. Selain itu, di situs ini juga ada artikel seru tentang perkembangan yang terjadi di dunia kimia dan orang-orang yang berjasa di bidang tersebut.

Dunia Sains
Jika kamu ingin tahu perkembangan terbaru di dunia sains, situs www.fisikaasyik.com ini bisa jadi salah satu acuanmu. Situs ini menyediakan berbagai macam berita tentang penemuan terbaru dan kejadian penting di dunia sains. Kamu juga bisa membaca 100 profil ilmuwan fisika di dalam situs ini.

Let’s Go Math!
Situs berbahasa Inggris ini menyediakan semua informasi tentang matematika. Ada artikel, forum tanya jawab, istilah matematika, profil ilmuwan matematika, permainan dan bahkan kalkulator! Situs www.allmath.com ini juga mencantumkan berbagai situs matematika lainnya.

Sejarah Indonesia
Kalau kamu ingin mengetahui sejarah negara kita ini, kamu bisa melihatnya di situs www.gimonca.com. Di sini kamu bisa membaca apa saja yang terjadi di Indonesia dari tahun 100 M sampai tahun 2003! Jadi kamu bisa tahu siapa saja tokoh yang memegang peranan penting dalam perkembangan negara ini.

No comments: